Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemerintah Gandeng Merek China Bikin Mobil Listrik Nasional, Toyota 'Gigit Jari'

Biasa pakai mobil mewah, Luhut nyobain mobil china
Sumber :

100kpj – Indonesia punya ambisi besar menjadi raja kendaraan listrik di pasar global, karena menjadi satu-satunya negara yang memiliki cadangan nikel terbesar, yang digunakan sebagai bahan baku utama baterai.

Oleh sebab itu, pemerintah akan menggandeng merek China, yaitu Geely untuk membuat mobil listrik nasional. Seperti diungkapkan Menteri Kooridnator Bidang Maritim dan Investasi, Luhur Binsar Pandjaitan.

Geely Panda Mini

“Pada 2025, atau 2026 Indonesia sudah bisa memiliki mobil listrik sendiri yang dibuat oleh anak bangsa,” ujar Luhut dikutip Antaranews.

Model mobil listrik nasional itu belum diumumkan lebih lanjut oleh Menko Marves, namun langkah awal pemerintah menggandeng Geely untuk pengembangan mobil pelahap seterum di dalam negeri.

"Kita sudah berbicara dengan pihak Geely sejak beberapa bulan lalu, dan puncaknya pada dua hari lalu di mana kita menawarkan riset bersama untuk membuat mobil EV di Indonesia," tuturnya.

Menurutnya rencana kolaborasi tersebut disejutui Presiden Jokowi, sehingga menjadi kesempatan besar bagi Indonesia melahirkan kendaraan ramah lingkungan dengan brand sendiri, karena Geely pun menyambut baik.

Berita Terkait
hitlog-analytic