Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tak Ada Hubungan Politik, Esemka Minta Setop Dikaitkan dengan Jokowi

Presiden Jokowi saat kunjungi booth Esemka di IIMS 2023
Sumber :

100kpj – Esemka untuk kali pertama turut jadi peserta dalam ajang International Motor Show atau IIMS 2023. Kehadiran brand lokal ini tentunya menyita perhatian, terlebih selalu dikait-kaitkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PT Solo Manufaktur Kreasi atau yang dikenal dengan Esemka pertama kali dipopulerkan oleh Presiden Jokowi saat masih menjabat Wali Kota Solo. Saat itu, Esemka dibuat sebagai proyek belajar siswa SMK di Solo dan hasilkan Rajawali sebagai mobil pertamanya.

Sayangnya mobil itu tidak lolos uji kelayakan. Perakitan Esemka sempat di bawah kendali Sukiyat, Pemilik Bengkel Kiat di Klaten dan akhirnya resmi masuk industri otomotif Indonesia dan membentuk badan usaha dan hasilkan pikap Esemka Bima.

Mobil listrik Esemka Bima EV

Kehadiran Esemka memang selalu dikaitkan dengan ranah politik, dan Jokowi. Esemka kembali meroket ketika Jokowi kampanye menjadi Presiden pada 2014, Pada 2019, Jokowi pun meresmikan pabrik Esemka pada 6 September 2019 di Boyolali, Jawa Tengah.

Tak heran jika kehadirannya di IIMS 2023 kembali dikaitkan dengan politik, terlebih akan memasuki tahun pemilu. Namun, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, dengan tegas bahwa Esemka murni bisnis.

"Kami tetap pure bisnis, tidak ada hubungan politik," kata Eddy pada wartawan saat pembukaan booth Esemka di JIExpo Kemayoran, Kamis 16 Februari 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic