Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mirip Singapura, Jalan Berbayar Elektronik di dalam Kota Jakarta Berlaku Sebentar Lagi?

Jalan berbayar di Jakarta atau ERP
Sumber :

100kpj – Demi mengurai kemacetan di jalan raya setiap negara memiliki cara berbeda-beda, meski secara garis besar berkaitan dengan infrastruktur. Di Singapura ada beberapa ruas jalan di dalam kota berbayar seperti tol.

Cara tersebut juga akan diterapkan di Indonesia, terutama di Jakarta. Populasi kendaraan yang terus meningkat dan tidak sesuai dengan infrastuktur, membuat tingkat kemacetan di jalan Ibu Kota semakin semrawut.

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor

Belum lagi ada ruas jalan dipersempit, atau dibatasi untuk kepentingan lain. Sehingga dibutuhkan terobosan baru untuk mengurai kemacetan selain aturan ganjil dan genap, yaitu melalui jalan berbayar elektronik.

Jalan berbayar yang berlaku di beberapa ruas jalan dalam kota tersebut diberi nama ERP (Electronic Road Pricing), lantas apakah akan diterapkan dalam waktu dekat di tahun ini?

“Saya tidak bisa memastikan pertengahan, atau akhir tahun. Yang jelas tahun ini,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo dikutip Antaranews, Rabu 11 Januari 2023.

Menurutnya, regulasi terkait jalan berbayar atau ERP itu sedang dipersiapkan dan disusun secara matang sebelum di jalankan. Sudah masuk dalam program Badan Pembentukan Peraturan Daerah, atau Bapemperda.

Berita Terkait
hitlog-analytic