Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Polisi Ingatkan Hukuman Bagi Pemotor yang Merokok di Jalan, Bisa Dipenjara

Pengendara motor merokok
Sumber :

100kpj – Merokok menjadi candu bagi sebagian masyarakat, namun Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup bebas untuk menghisap tembakau tersebut, baik di tempat umum, atau di pinggir jalan.

Berbeda dengan beberapa negara lain yang memiliki tempat khusus untuk merokok, alias tidak bisa sembarangan tempat. Bahkan di Indonesia saking bebasnya, pengguna kendaraan kerap merokok di jalan.

Salah satunya pengguna motor yang acap kali ditemui merokok saat berkendara. Karena kegiatan itu dianggap berbahaya maka untuk mentertibkannya, kepolisian, dinas perhubungan, dan instansi terkait menerapkan aturan khusus. 

Aturan yang melarang pengguna kendaraan merokok saat berkendara sebenarnya sudah digaungkan sejak 2019, namun sampai saat ini menurutu pantauan 100kpj masih ada saja yang melakukan hal tersebut.

Oleh sebab itu Polda Metro Jaya memasuki tahun ini kembali mengingatkan aturan tersebut, agar tidak dilanggar, terutama buat pemotor.

“Merokok sambil berkendara bisa kena pidana,” tulis status Instagram TMC Polda Metro Jaya, dikutip, Senin 19 Februari 2024.

Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1, dijelaskan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan wajib berkonsentrasi penuh, dalam hal ini termasuk merokok.

Berita Terkait
hitlog-analytic