Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Awas Tergelincir, Pengendara Motor Wajib Perhatikan Gaya Berkendara saat Hujan

Tips berkendara di musim hujan

100kpjMusim hujan telah tiba, belakangan ini sejumlah wilayah diguyur hujan dengan intensitas berbeda-beda. Permukaan jalan yang basah memaksa pengendara motor perlu ubah gaya berkendara, agar tetap aman.

Putaran roda perlu dijaga agar motor tetap stabil berjalan di atas jalan yang basah. Karena potensi jalanan licin bukan hanya saat jalan basah, tapi justru yang paling diwaspadai adalah ketika hujan mulai turun.

Ketika hujan mulai turun, kotoran, lumpur, minyak, atau oli yang sebelumnya mengendap saat kondisi jalanan kering akan terangkat oleh air hujan. Proses tersebut menjadi salah satu penyebab jalanan tiba-tiba menjadi licin.

Penyebab lainnya adalah perubahan suhu. Suhu ban kendaraan yang digunakan dapat berbeda dengan suhu pada lintasan jalan, sehingga ban kurang mendapat traksi dan bisa menyebabkan selip. 

Jika pengendara tidak bisa mengendalikannya dengan baik, bisa berpotensi terjatuh atau tergelincir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengendara tetap aman.

Safety RIding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, saat hujan mulai turun, dan jalanan basah, pengendara disarankan untuk menurunkan kecepatan. 

“Gunakan rem belakang untuk menghentikan kendaraan lebih efektif. Usahakan agar jari tangan tidak bersiap-siap di tuas rem depan untuk menghindari pengereman mendadak di roda depan,” ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Rabu 28 Februari 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic