Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Prediksi Adanya Bahaya di Jalan Raya, Pengguna Motor Wajib Tahu Ini

Komunitas Honda Stylo 160

100kpj – Motor penyumbang terbesar kecelakaan di jalan raya, sesuai dengan populasinya. Ada beberapa faktor kecelakaan bisa terjadi, namun sumber utamanya kondisi kendaraan, kesalahan manusia, dan kondisi jalan.

Melalui data Korlantas Polri, tahun lalu terdapat 155 ribu kasus kecelakaan di jalan raya dengan 66.602 ribu berasal dari pengguna motor, dan human eror menjadi penyebab utamanya, sekitar 61 persen.

Maka dari itu mengendarai motor perlu pemahaman yang mendalam, bukan sekadar mengatur gas, dan rem. Karena ada banyak bahaya yang bisa terjadi, terlebih jika pengguna motor lalai, lalu seperti apa caranya?

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, ketika berkendara, faktor manusia merupakan faktor terbesar yang dapat menjadi penyebab kecelakaan. 

“Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh pengendara, yaitu menganalisis situasi, mengambil keputusan, dan mengoperasikan kendaraan dengan baik. Satu kesalahan saja dapat menjadi penyebab besar terjadinya kecelakaan,” ujar Kusuma, dikutip dari keterangannya, Rabu 20 Maret 2024.

Menurutnya saat berkendara diperlukan tingkat konsentrasi yang baik. Dengan kondisi jalan yang cukup padat, dan penuh potensi bahaya, pengemudi perlu melakukan sikap berkendara yang selalu waspada atau defensive riding. 

Dengan cara berkendara seperti itu, menurutnya mampu menghindari berbagai potensi bahaya yang mungkin muncul di luar dugaan, atau prediksi.

Berita Terkait
hitlog-analytic