Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jumlah Pemesanan Meningkat, Ribuan Pembeli Raize Belum Dapat Unit?

Test Drive Toyota Raize
Sumber :

100kpj – Toyota Raize menjadi salah satu produk terbaru yang cukup fenomenal. Meski di tengah pandemi, orang rela menggelontorkan uang ratusan juta untuk meminang mobil buatan lokal tersebut, meski harus inden berbulan-bulan.

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Raize di Tanah Air pada 30 April 2021. Hanya butuh waktu enam hari setelah peluncuran, surat pemesanan kendaraan mobil berjenis SUV kompak tersebut sudah 1.269 unit.

Bahkan angka tersebut terus meningkat hingga bulan ini. “Sejak diluncurkan sampai 14 Juni, SPK (surat pemesanan kendaraan) Raize sudah 6.179 unit,” ujar Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, dikutip, Jumat 18 Juni 2021.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tipe yang paling banyak dipesan adalah 1.0T GR Sport CVT matik 57,4 persen, tipe 1.0T GR Sport CVT TSS menyumbang 25,7 persen. Secara total kedua tipe termahal itu komposisinya 83,1 persen.

Melihat dari angka pemesanan tersebut, ternyata tidak sebanding dengan distribusi unit dari pabrik ke diler. Berdasarkan data Gaikindo, angka wholesales Raize selama April-Mei hanya 1.572 unit, dan tipe GR Sport CVT baru terkirim 809 unit.

Maka tidak heran jika sejumlah tenaga penjual diler Toyota Auto2000 menyebut bahwa inden Raize bisa sampai Oktober, atau bahkan tahun depan. Terlebih jika konsumen menginginkan warna tertentu, dan tipe yang sesuai keinginan.

“Mohon maaf juga meski sedikit menunggu, karena antusiasmenya sangat besar. Dibandingkan rencana kita, tipe TSS cukup besar,” tutur Anton. 

Berita Terkait
hitlog-analytic