Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kilang Minyak Pertamina Cilacap Kebakaran, BBM di SPBU Jadi Langka?

Kilang minyak Pertamina terbakar di Indramayu
Sumber :

100kpjKilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah.penghasil BBM (Bahan Bakar Minyak) terbesar kebakaran. Kejadian tersebut berlangsung pada malam hari, Jumat 11 Juni 2021.

Berdasarkan informasi dari media sosial yang diunggah warganet, kobaran api cukup besar melahap tangki 39 paraxyline, sekitar pukul 19.45 WIB. Hingga kini belum ada penjelasan terkait penyebab kebakaran tersebut.

Baca juga: Kilang Minyak Pertamina yang Terbakar Hasilin BBM Premium Paling Besar

“Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani,” ujar Area Manager Communication Relations & CSR RU IV Cilacap – Sub Holding Refining & Petrochemical PT Pertamina, Hatim Ilwan dikutip dari keterangannya, Sabtu 12 Juni 2021.

Melansir situs resmi PT Pertamina Persero, Refinery Unit IV Cilacap memiliki kapasitas produksi sebesar 348 ribu barel per hari. Artinya menjadi salah satu unit pengolahan bahan bakar terbesar, yang berpengaruh secara nasional.

Pasalnya kilang minyak tersebut menyumbang 34 persen kebutuhan BBM di Indonesia, atau 60 persen di Pulau Jawa. Dan satu-satunya di Tanah Air yang memproduksi aspal, dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur. 

Berita Terkait
hitlog-analytic