Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daihatsu Rocky Buatan Karawang Beda Dengan Versi Jepang, Pantes Murah?

Daihatsu Rocky
Sumber :

100kpj – Daihatsu Rocky untuk pasar Indonesia akan dijual resmi pada Jumat, 30 April 2021 di seluruh jaringan diler. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) kompak itu langsung diproduksi lokal PT Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat.

Rocky dibangun menggunakan platform New Global Architecture, sama dengan Toyota Raize. Di mana secara bobot lebih ringan, namun pusat gravitasi membaik. Radius putar minim untuk sebuah SUV, yakni 5 meter, sesuai ukuran velg.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Soal dimensi, Rocky memiliki panjang 3.995 mili meter, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sementara jarak roda depan dan belakang 2.525 mm. Memiliki ukuran kompak, namun kapasitas bagasi belakangnya mencapai 369 liter.

Di Jepang, Rocky hanya dipersenjatai mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000cc, dilengkapi turbo, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 96,5 daya kuda di 6.000 rpm, dan torsi 140 Newton meter di 2.400-4.000 rpm.

Hasil pengujian di Jepang, SUV kompak itu hanya membutuhkan satu liter bensin untuk berjalan 18,6 kilometer dengan metode WLTC (Worldwide harmonized light vehicle test). Sedangkan dengan JC08 atau dynamometer 23,4 km per liter.

Untuk sistem keselamatan, saudara kandung Raize itu sudah mengantongi rating bintang lima dari hasil uji tabrak yang digelar JNCAP (Japan New Car Assessment Program), dan Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA. 

Berita Terkait
hitlog-analytic