Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biar Irit Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring, Aman?

Ilustrasi mencuci mobil di rumah
Sumber :

100kpj – Pemilik kendaraan pasti ingin mobilnya selalu dalam kondisi bersih, baik eksterior maupun interion. Pasalnya hal yang paling menyenangkan itu  ketika melihat mobil dalam kondisi catnya yang mengkilap dan kinclong.

Bagi pemilik mobil yang ingin menghemat pengeluaran untuk merawat mobil, lebih memilih untuk mencuci mobilnya sendiri di rumah. Nah, tapi demi alasan berhemat ada beberapa pemilik kendaraan yang menggunakan sabun cuci piring saat mencuci kendaraan kesayangannya.

Lalu bolehkah sabun cuci piring digunakan untuk mencuci mobil? seperti dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, cuci mobil dengan menggunakan sabun cuci piring, sangat tidak sarankan karena bisa menyebabkan rusak cat body mobil. Pasalnya sabun cuci piring itu keras dan sangat bisa merusak cat bodi mobil.

Ilustrasi mencuci mobil

Harus diakui, saat pertama kali cuci mobil memakai sabun cuci piring hasilnya bisa terlihat bersih, namun jika sudah memakai wax, akan langsung luntur semua wax yang ada di body mobil. Jika hal ini dilakukan berulang kali, akan berisiko mengikis cat dan akhirnya berisiko munculnya karat pada body mobil.

Sabun cuci piring juga tidak disarankan karena memang tidak sesuai atau bukan peruntukannya. Penggunaan sabun cuci piring juga berisiko menyebabkan lapisan pernis kusam dan cat body mobil menjadi belang.

Baca juga: Bolehkah Cuci Mesin Mobil Pakai Air?

Berita Terkait
hitlog-analytic