Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Waktu yang Tepat Mencuci Mobil di Musim Hujan, Begini Caranya

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :

100kpj – Belakangan ini sejumlah wilayah Jabodetabek diguyur hujan dengan intensitas berbeda-beda, setelah musim panas cukup panjang. Saat hujan turun, tentu mobil atau kendaraan menjadi cepat kotor setelah digunakan.

Kotoran yang menempel di bodi mobil akibat cipratan air membuat pemilik perlu melakukan pencucian agar mobil terlihat bersih, terutama jika warna mobil putih. Ada yang memilih cuci sendiri, ataupun di full steam.

Ilustrasi mencuci mobil

Memiliki mobil dengan kondisi bodi mengkilap, dan eksterior dalam kondisi bersih tentu menjadi impian semua orang, namun untuk mendapatkan hal tersebut butuh ketelitian dalam proses perawatannya.

Namun memasuki msuim hujan seperti ini, kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil agar tidak memakan biaya, dan menguras tenaga?

Mantan Technical Support Meguiars, Fadillah menyebut, sebaiknya setelah mobil diguyur hujan wajib dicuci. Sebab jika dibiarkan bodi, atau kaca akan timbul noda atau bahkan berjamur karena air hujan yang sudah mengering. 

“Kadar garam air hujan tinggi, jadi potensi cat mobil rusak cukup besar jika dibiarkan. Solusinya harus rutin mencuci jika mobil diguyur air hujan,” ujarnya kepada 100kpj.

Berita Terkait
hitlog-analytic