Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Tips Menjaga Kendaraan Agar Tak Kusam saat Kondisi Cuaca Tak Menentu

Ilustrasi cuci mobil
Sumber :

100kpj – Belakangan cuaca di beberapa wilayah Indonesia sedang tidak menentu, mulai dari panas hingga tiba-tiba hujan. Cuaca di musim pancaroba saat ini sulit diprediksi yang membuat para pemilik kudu ekstra dalam menjaga cat bodinya.

Baik pemilik mobil atau motor harus beri perhatian ekstra khususnya pada cat, agar mobil tetap mengkilap meski terpapar panas dan debu. Terlebih, mobilitas kembali tinggi usai berakhirnya pandemi.

Memungkinkan mobil dapat terpapar panas berlebih hingga terpaan cairan yang dapat merusak lapisan cat mobil. Berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir tahun 2022 indeks kemacetan di DKI Jakarta berada di angkat 48 persen.

Angka tersebut naik drastis dari tahun 2020 yang berada di angka 34 persen. Sementara 2019, kemacetan mencapai angka 53 persen. Reeza Budhisurya, Director Optimo Indonesia menuturkan dampak yang terjadi pada mobil khususnya cat pada bodi mobil maupun motor selama musim pancaroba berlangsung.

"Memasuki musim pancaroba yang tak jarang sering kali hujan dan panas, yang perlu kita ketahui bersama adalah bahwa Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil kita. Oleh karena itu, sebaiknya langsung dicuci dan dibersihkan karena zat asam membuat cat kusam dan berjamur," ujarnya.

Berikut 5 tips melakukan perawatan bodi mobil khususnya cat:

1. Cuci Usai Terkena Air Hujan

Berita Terkait
hitlog-analytic