Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bolehkah Cuci Mesin Mobil Pakai Air?

Mesin mobil.
Sumber :
Ist

100kpj – Para pemilik mobil pasti menginginkan kendaraannya bersih terawat. Bukan cuma sektor eksterior dan interior, namun juga pada bagian yang tak terlihat. Salah satunya adalah mesin.

Untuk membersihkannya, diperlukan berbagai cara. Namun ada yang menyebut, mesin jangan dicuci menggunakan air bertekanan. Benarkah demikian?

Seperti dikutip situs resmi Suzuki, Rabu 6 Februari 2020, rupanya mencuci mesin dengan air bertekanan memang tak dianjurkan. Sebab ruang mesin adalah bagian vital pada mobil.

Jadi tidak heran kalau menyemprotkan air ke ruang mesin sangat tidak disarankan. Sebab menyemprotkan air, terlebih dengan tekanan tinggi, bisa berisiko merusak mobil, termasuk bisa menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan.

Nah untuk mengantisipasinya, Anda bisa mencuci ruang mesin yang benar dengan cukup menyikat atau dilap menggunakan kain lap microfiber. Diperbolehkan membasuh menggunakan air, namun cukup tipis-tipis dengan memakai kuas atau kain lap microfiber.

Selain itu, air yang dipakai untuk proses pencucian ruang mesin sebaiknya dicampur terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, grease dan debu. Jadi tidak perlu gosokan tekanan tinggi, kotoran sudah bisa disingkirkan dari ruang mesin mobil.

Satu hal penting yang harus Anda ingat, mesin mobil sangat dekat dengan ECU, yang kalau bisa jangan sampai terkena air bisa rusak atau error. Cukup gunakan pakai lap dan cukup dibasuh saja, karena mobil keluaran terbaru dilengkapi banyak sensor, jadi untuk menghindari malfungsi kelistrikan.

Berita Terkait
hitlog-analytic