Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Naik Motor Pas Hujan, Mending Pakai Sepatu atau Sandal?

Naik Motor saat Hujan.
Sumber :

100kpj – Sejak beberapa hari terakhir, sebagian wilayah di Indonesia terus-terusan diguyur hujan. Menariknya, untuk menghindari basah, banyak pemotor yang melepas sepatu dan menggantinya dengan sandal. Lantas, apakah perbuatan tersebut dibenarkan?

Disitat dari Wahana Honda, Kamis 6 Januari 2022, meski menggunakan sandal lebih praktis dan nyaman, namun pemotor disarankan tetap menggunakan sepatu. Lebih lagi, pejalanan yang ditempuh masih terbilang jauh.

Naik Motor saat Hujan.

Baca juga: Musim Hujan, Begini Cara Rawat Helm Biar Tak Mudah Jamuran

Dengan mengenakan sepatu, maka kaki pengendara terhindar dari kemungkinan cedera akibat tergores batu, pembatas jalan, atau sudut-sudut di kendaraan. Bukan hanya itu, permukaan bawah sandal juga biasanya lebih licin ketimbang sepatuh, sehingga rawan tergelincir saat dipakai musim hujan.

Memakai sepatu saat musim hujan juga mencegah kaki tersiram genangan air kotor di jalan raya. Patut dipahami, genangan tersebut sejatinya tak jernih, alias kotor dan penuh bakteri. Belum lagi, jika terdapat batu atau serpihan kaca kecil di dalamnya.

Sandal tidak dapat menutup seluruh bagian telapak kaki, tempurung kaki, maupun pergelangan dan mata kaki. Sehingga, berbagai kemungkinan terburuk bisa saja terjadi.

Berita Terkait
hitlog-analytic