Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

PSI Minta Pemprov DKI Tak Perlu Malu Batalkan Formula E

Balapan Formula E
Sumber :

100kpj – Covid-19 atau virus corona yang sudah masuk Indonesia membuat beberapa ajang di Tanah Air terancam batal dan ditunda. Namun, hingga saat ini balapan Formula E yang bakal digelar di Monas Jakarta masih belum ada kepastian lanjut atau dibatalkan.

Adu balap mobil listrik tersebut rencananya bakal digelar pada 6 Juni 2020. Formula E yang digelar di Jakarta ini memang menuai kontroversi, mulai dari jumlah anggaran dan lokasi gelaran balapnya.

Kini, ancaman corona di Indonesia membuat balapan Formula E terancam. Dorongan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan Formula E terus disuarakan, salah satunya Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPRD DKI.

Anggota Fraksi PSI DPDRD DKI, Anggara Wicitra, menyatakan sebaiknya Pemprov DKI agar tak segan membatalkan Formula E karena kekhawatiran merebaknya Corona. Menurutnya, Formula E seharusnya termasuk acara yang izin pelaksanaannya dipertimbangkan usai adanya kasus corona di Tanah Air.

"Pemprov DKI Jakarta tidak perlu gengsi atau pun malu membatalkan Formula E," ujar Ara, sapaan Anggara, seperti yang dilansir dari VIVAnews.

Ara menyampaikan, Pemprov DKI sudah pernah mengambil kebijakan menyetop sementara penerbitan izin acara-acara massa di Jakarta. Formula E, sekali pun acara yang diboyong langsungGubernur DKI Anies Rasyid Baswedan ke Ibu Kota, seharusnya turut jadi acara yang tak dikeluarkan dulu izinnya.

"Pemprov harus bersikap adil, berkaca, dan menjadi contoh," ujar Ara.

Dia menambahkan, negara-negara lain seperti Thailand, Qatar, serta China sudah mengeluarkan kebijakan membatalkan perhelatan internasional karena merebaknya Corona. Kata dia, Pemprov DKI, harus mencontoh hal serupa karena Corona sebagai ancaman serius yang harus bisa dimitigasi pemerintah.

"Jangan dipaksakan. Jangan sampai Indonesia menjadi titik epidemi virus corona baru hanya karena Pemprov lalai melindungi warganya,” ujar Ara.

Selain PSI, Fraksi PDIP juga getol menyuarakan agar ajang Formula E sebaiknya dibatalkan.

Terkait itu, penyelenggara Formula E yang dikonfirmasi beberapa hari lalu menilai belum ada rencana membatalkan balapan mobil listrik internasional tersebut. Meskipun virus Corona sudah masuk ke RI dengan dua WNI yang terdeteksi positif.

Deputy Director Communications Formula E Indonesia Hilbram Dunar, mengatakan penyelenggara terus mempersiapkan ajang balapan yang untuk pertama kalinya dilakukan di Indonesia itu.

"Untuk pembicaraan sekarang, terus secara komunikasi, dengan semua pihak terus dijalankan. Tapi, sampai sekarang persiapannya jalan terus," ujar Hilbram saat dihubungi pada Selasa, 3 Maret 2020.

Hilbram menyebut, meski belum ada rencana pembatalan namun panitia lokal juga terus berkomunikasi dengan Formula E Operation Limited (FEO). Ia bilang, FEO masih mencermati kondisi Tanah Air pasca pemerintah mengumumkan adanya dua kasus positif Corona.

Berita Terkait
hitlog-analytic