Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertamina Mau Hapus Premium dan Pertalite, Warganet Ramai-ramai Protes

SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj – PT Pertamina rencananya bakal menyudahi penjualan Premium dan Pertalite dalam waktu dekat. Hal itu sejalan dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK Nomor 20 tahun 2017 mengenai pembatasan Research Octane Number atau RON.

Pada aturan tersebut dijelaskan, BBM yang boleh digunakan pada kendaraan minimal harus mencapai RON 91 dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm serta ambang batas Cetane Number minimal 51. Regulasi ini berkenaan dengan aturan standar Euro IV yang berlaku juga di negara lain.

Baca juga: Hot! Pertamina Bakal Hapus Premium dan Pertalite dari Daftar Jual BBM

Dalam produk Pertamina, BBM yang berada di bawah RON 91 ada Pertalite dengan RON 90, Premium RON 88, dan Solar yang memiliki Cetane Number (CN) 48. Jika berpatokan pada aturan tersebut, maka ketiganya bakal dihapus karena tak sesuai standar Euro IV.

Ilustrasi SPBU

Meski baru sekadar wacana dan belum disahkan, namun warganet sudah ramai-ramai memberi tanggapan di media sosial. Kebanyakan dari mereka menilai, penyetopan distribusi Premium dan Pertalite pasti bakal memberatkan masyarakat. Sebab mau tak mau, pengguna kendaraan harus membeli BBM lain dengan harga lebih mahal.

Menurut akun bernama @jagomakan12, seandainya Pertamina berhenti menjual Premium dan Pertalite, maka pemerintah harus bisa memastikan harga BBM beroktan tinggi lebih murah dari biasanya. Maka dengan begitu, masyarakat tidak terlalu diberatkan.

Berita Terkait
hitlog-analytic