Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Murahnya BBM di Malaysia, Bensin Setara Pertamax Turbo Cuma Rp5 Ribuan

Isi Bensin
Sumber :

100kpj – Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat harga bahan bakar minyak di dunia mengalami penurunan cukup signifikan. Hal itu terjadi lantaran tak banyak orang bepergian ke luar rumah dan mengemudikan kendaraan. Namun demikian, perang dagang antara Rusia dan Arab Saudi juga menjadi salah satu pemicunya.

Saat ini, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate atau WTI turun US$3,03 atau 9,6 persen menjadi US$28,7 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedang minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman bulan depan jatuh 11,2 persen menjadi hanya US$30,05 per barel di London ICE Futures Exchange.

Namun demikian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM yang punya wewenang melakukan penyesuaian harga, belum mengambil langkah apapun. Sejauh ini, mereka masih mengamati perkembangan kondisi minyak global. Bahkan, muncul klaim banderol BBM di Indonesia merupakan salah satu yang termurah di dunia.

“Terkait harga BBM, sejauh ini pemerintah masih mencermati dan mengevaluasi terkait perkembangan harga minyak. Saat ini, harga BBM Indonesia masih merupakan salah satu yang termurah di Asia Tenggara dan beberapa negara di dunia lainnya,” ujarnya di Jakarta, dikutip Selasa 21 April 2020.

Baca juga: Kementerian ESDM: Harga BBM di RI Salah Satu yang Termurah di Dunia

Kendati demikian, jika melongok sedikit ke negeri tetangga, kita bakal mengetahui bahwa herga BBM di Indonesia tidak sedemikian murahnya. Malahan, di Malaysia, pemerintah setempat sudah melakukan penyesuaian harga. Bensin dengan RON 97 atau hampir setara Pertamax Turbo hanya dihargai Rp5 ribuan.

Berikut harga BBM per liter di Malaysia:

Berita Terkait
hitlog-analytic