Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap-siap, Pemerintah Beri Sinyal Harga BBM Bakal Naik di Maret 2024

Red carpet bbm non subsidi di SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memberi sinyal bakal menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi, salah satunya Pertamax di awal Maret 2024. Ini sebagai respons atas kenaikan harga minyak dunia.

Arifin mengungkapkan bahwa saat ini harga minyak mentah Indonesia (ICP) naik di angka US$82 per barel, dibandingkan tahun 2023. Sehingga kenaikan itu jelasnya, akan mempengaruhi biaya produksi.

"Kalau yang non subsidi ini kan ikut formula harga indeks minyak kan, sekarang minyak udah berapa, US$82 per barel ya dibandingin sama tahun lalu ada kenaikan antara US$6 per barel. Itu pasti mempengaruhi biaya produksi," ujar Arifin kepada wartawan di Kantor Ditjen Migas, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 16 Februari 2024.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif

Arifin menuturkan, terkait apakah BBM non subsidi akan dinaikkan pada Maret 2024 ini, dia mengatakan bahwa hal ini tergantung dari evaluasi dari PT Pertamina (Persero).

"Itu biar badan usaha yang bisa mengevaluasi, tapi mereka saling berkompetisi," jelasnya.

Adapun Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga memutuskan, harga BBM non-subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) pada Bulan Februari 2024, tidak mengalami perubahan.

Berita Terkait
hitlog-analytic