Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Minyak Dunia Makin Murah, Kok Pertamina Tak Turunkan Harga?

Motor isi BBM, bahan bakar minyak.
Sumber :

100kpj – Sepanjang kuartal pertama di tahun 2020, harga minyak dunia terus alami pelemahan. Laman berita Business Insider memberitakan, saat ini minyak mentah Brent dibanderol US$26,98 per barel, dan menjadi yang termurah sejak Januari 2016 silam.

Jika dilihat dari perkembangannya, sudah semestinya perusahaan minyak milik negara, Pertamina, melakukan penyesuaian harga. Namun sayangnya, hingga hari ini, hal itu urung dilakukan lantaran satu dan berbagai hal.

SPBU Pertamina

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fajiyah Usman menyebut, pada prinsipnya pihak mereka hanya berlaku sebagai operator. Sehingga, dalam pengambilan kebijakan, Pertamina senantiasa menunggu arahan dari pemerintah. Sampai saat ini, harga BBM mengacu pada ketentuan yang ditetapkan Kementerian ESDM.

"Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi atau penugasan adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya," ujar Fajriyah melalui keterangan resmi yang masuk ke meja redaksi VIVA, Senin 23 Maret 2020.

Baca juga: Goyang-goyang Kendaraan Saat Isi Bensin, Berguna Enggak Sih?

Pertamina sendiri baru saja melakukan penyesuaian harga pada bulan lalu. Harga BBM yang mereka tawarkan saat ini, menurut Fajriyah masih kompetitif dan lebih rendah dibandingkan BBM yang dijual perusahaan lain. Itulah mengapa, terkait hal tersebut, pihaknya tak ingin gegabah.

Berita Terkait
hitlog-analytic