Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Spesifikasi Helikopter Sikorsky S-76 yang Tewaskan Kobe Bryant

Helikopter Kobe Bryant
Sumber :

100kpj – Kobe Bryant meninggal dunia usai mengalami kecelakaan dengan helikopter Sikorsky S-76. Berdasarkan data dari Federasi Administrasi Aviasi dan Dewan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat (AS) helikopter ini milik Island Express Holding Corp sejak 2019.

Memang helikopter tersebut bukan milik dari pemain basket tersebut. Island Express Holding adalah perusahaan yang menyediakan jasa carter pesawat dan helikopter pribadi.

Dilansir dari Heavy.com, helikopter ini dimiliki oleh pemerintah negara bagian Illinois dan dibuat pada 1991. Helikopter ini adalah produksi ke 374 dari perusahaan tersebut.

Kobe Bryant dinyatakan tewas setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh di Calabasas,, California, Amerika Serikat. Saat itu, Kobe  dalam perjalanan dari rumahnya di Orange Country.

Selain Kobe Bryant, satu pilot dan tujuh penumpang lainnya juga tewas di tempat. Termasuk, putri Kobe Bryant, Gianna "Gigi" Maria Onroe.

Sebelumnya, Kobe Bryant sering menggunakan helikopter ini ke Staples Center di Los Angeles untuk mendatangi pertandingan basket. Setelah pensiun pada 2016, helikopter ini kerap digunakan untuk liburan keluarga dan acara-acara lain.

Helikopter tipe S-76 memiliki beberapa varian, mulai dari S-76A,S-76A+, S-76B, S-76C, S-76C+, S-76C++, dan yang teranyar S-76D, mengutip Business Airnews.Helikopter ini memiliki catatan keamanan terbang yang tinggi.



Tercatat baru empat kali kecelakaan dalam sekitar 900 ribu jam terbang hingga 2016. Helikopter ini juga kerap digunakan untuk melayani transportasi perusahaan korporasi dan tamu-tamu penting.

Silkorksky memang dikenal sebagai pembuat helikopter untuk dunia militer. Namun, mereka juga memiliki beberapa jenis helikopter untu keperluan komersil, berikut spesifikasi helikopter Sikorsky S-76B yang ditumpangi Kobe Bryant.

Mesin: Left Engine TSO: 228; Right Engine TSO: 181
Ketinggian terbang (in-ground effect): 3.213 meter
Ketinggian terbang (out-of-ground effect): 1.503 meter
Ketinggian terbang operasional dengan satu mesin: 2.510 meter
Kecepatan maksimal: 287 km/jam
Berat maksimal saat lepas landas: 5.386 kg
Berat kosong: 3.165 kg
Kapasitas penumpang: 8 orang
Tinggi kabin: 1,3 meter
Lebar kabin: 1,9 meter
Panjang kabin" 2,36 meter
Jumlah helikopter yang beroperasi: 66
Jumlah helikopter yang disewa: 13
Produksi: 1984-1997
Harga: Rp3,7 miliar-Rp194 miliar (Bekas-baru)
Berita Terkait
hitlog-analytic