Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

RI Punya Helikopter Tercanggih Se-Asean, Malaysia Saja Sih Lewat

Apache Guardian AH-64E
Sumber :

100kpj – Indonesia saat ini telah memiliki delapan unit helikopter Apache Guardian AH-64E buatan Amerika Serikat, heli tersebut disimpan di Skadron 11/Serbu Semarang yang nantinya akan digunakan oleh TNI Angkatan Darat (TNI AD).

Apache Guardian menjadi salah satu alat utama sistem pertahanan (Alutsista) milik TNI AD, yang diandalkan untuk menghadapi berbagai pertempuran. Apalagi helikopter ini adalah hasil pengembangan terbaru dari jenis Apache sebelumnya, yaitu AH-64D. 

Perbedaan yang terlihat dari AH-64E Guardian dengan AH-64D Longbow Block ini terdapat pada mesinnya, Apache Guardian dalam pengembangannya memiliki mesin yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu T700-GE-701D dari General Electric. 

Apache Guardian AH-64E

Transmisi pun diubah menjadi coupe dengan tenaga ekstra. Helikopter Apache AH-64E dapat memacu kecepatan maksimum 300 km per jam, sementara AH-64D kecepatan maksimumnya 293 km per jam.

Selain itu, Apache AH-64E juga telah memiliki teknologi terbaru yaitu sistem datalink MUM-TX L-3 Communications yang memungkinkan awak helikopter untuk mengendalikan drone (UAV).

Tidak hanya itu, seperti yang dilansir dari VivaHelikopter AH-64E juga dilengkapi dengan beberapa fitur khusus untuk menunjang kemampuannya dalam melaksanakan misi tempur. Fitur–fitur itu di antaranya sistem radar penjejak target dan kendali penembakan Longbow.

Berita Terkait
hitlog-analytic