Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Keren! Vespa Tua 2 Tak Ternyata Pernah Ikut Reli Dakar

Vespa Dakar
Sumber :

100kpj – Vespa memang sering terlibat dalam kejuaraan balapan bergengsi, paling dikenang adalah saat mereka mengikuti balapan International Six Days of Varese pada tahun 1951 dengan capaian sembilan medali emas. Bahkan saking bersejarahnya pabrikan motor asal Italia Vespa, menghadirkan edisi spesial 'Sei Giorni' yang berarti enam hari. 

Tak hanya itu Vespa juga ternyata pernah ikutan ajang Reli Dakar yang didominasi oleh motor bergaya adventure, kala itu pembalapnya bernama Bernard Tcherniavsky, Yvan Tcherniavsky, Marc Simonot dan Bernard Neimer.

Seperti yang dilansir di Dakardantan, diajang reli paling ganas di dunia itu mereka memacu Vespa PX200 yang dimulai dari Perancis menuju Dakar di Senegal pada tahun 1980, pada ajang tersebut membuktikan bahwa Vespa yang sejatinya tidak dirancang untuk melalui medan ektrim dapat mereka taklukkan.

Vespa Dakar

Menariknya keterlibatan Vespa di ajang Reli Dakar ini merupakan salah satu inisiasi seorang manajer tim Honda di ajang tersebut yang bernama Jean Francois Piot. Sehingga Vespa yang ditunggangi mereka pun mengalami modifikasi seperti adanya tangki tambahan, suspensi, ban, airbox filter karburator untuk bisa menaklukkan jarak 10.000 km.

Perjalanan dimulai pada 1 Januari 1980, empat pembalap ini berangka dari garis start bersama 211 pembalap lainnya dari kategori motor, truk dan mobil. Untuk mendukung performa empat pembalap tersebut, dua mobil Land Rover bertugas untuk menemani mereka sebagai kru tim yang punya peran memperbaiki apabila ada Vespa yang rusak di tempat menginap di setiap etape.

Asiknya keberadaan motor Vespa tersebut bukan hanya sebagai hiburan semata, pada tanggal 23 Januari 1980 Bernard Tcherniavsky dan Marc Simonot berhasil melewati garis finsih. Kedua pembalap ini berhasil melewati jarak sejauh 10.000 km, dan melewati 7 negara dengan mengendari Vespa mereka.

Berita Terkait
hitlog-analytic