Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Asal China Resmi Dilarang Menjiplak Desain Skuter Vespa

Vespa GTS 2023
Sumber :

100kpj –  Vespa memiliki desain yang ikonik dan unik, tak heran ada beberapa motor yang desainnya sekilas mirip skuter asal Italia tersebut. Kebanyakan, motor-motor listrik asal China yang meniru desain ikonik Vespa.

Tapi kini, desain Vespa mendapat pengakuan resmi dari Pengadilan Uni Eropa (CJEU). Dilansir 100KPJ dari Rideapart, Senin 18 Desember 2023, Pengadilan Uni Eropa menyatakan bahwa desain Vespa tidak dapat ditiru.

Motor listrik mirip Vespa ini harganya murah meriah

Sebab dapat dikenali dengan sempurna di seluruh Eropa. Vespa mengajukan paten desain skuternya kepada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa pada tahun 2014.

Pengajuan paten ini untuk mengakui desain ikonik skuter Vespa dan mengakuinya sebagai merek dagang. Hasil ini mengakhiri perang antara Piaggio Group dengan Grup Industri China.

Yang mana telah memproduksi skuter ZNEN (Zhejiang Zhongneng) yang merupakan salinan dari Vespa. Kedua perusahaan itu bertarung secara hukum dalam kurun waktu 10 tahun.

Sebelumnya, Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) pernah membatalkan keputusan sebelumnya dan memberikan kebebasan kepada perusahaan China tersebut untuk memproduksi dan menjual skuter ZNEN.

Berita Terkait
hitlog-analytic