Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Motor Bergaya Retro yang Diluncurkan Sepanjang 2019

Kawasaki W175 SE.
Sumber :

100kpj – Motor dengan gaya retro atau klasik masih memiliki penggemarnya tersendiri, dan pastinya tidak sedikit. Terbukti dengan beberapa produsen roda dua yang meluncurkan motor terbarunya dengan sentuhan klasik.

1. Kawasaki Seri W

Test Ride Kawasaki W175TR

PT Kawasaki Motor Indonesia atau KMI resmi meluncurkan motor retro baru yang bernama W175TR pada 28 November 2019. Tunggangan bergaya tracker itu melengkapi jajaran W175 yang sudah ada sebelumnya, yakni Standar, SE, dan juga Cafe.

Kawasaki W175TR hanya berubah dari segi gaya dan desain. Di sektor dapur pacu, motor tersebut masih menggunakan mesin W175 generasi sebelumnya.

“Dengan kehadiran W175TR, kami mengincar segmen pasar dari kalangan yang lebih muda lagi. Baik untuk motor pertama, maupun yang ingin naik kelas,” ujar Deputy Head Sales and Promotion KMI, Michael C. Tanadhi.

Sedangkan W175 ada yang versi standar dan cafe. Rupanya model W175 Cafe mengusung gaya cafe racer. Berbeda dengan model standar yang mengusung model retro biasa.

Di mana, W175 Cafe nampak berubah berkat penambahan sejumlah aksesori dan perubahan teknis. Namun spesifikasi mesin tetap sama dengan model lama.

2. Cleveland Ace Scrambler 400



Cleveland Ace 400 Scrambler mengusung mesin satu silinder 400 cc, dengan Double Exhaust Muffler dan dilengkapi dengan Double Disk front Brake (dengan ABS System), Engine Oil Cooler, Upside Down, Delphi EFI Control System, Lampu Bulat LED Headlight dan Automotive Grade ABS.

Produk yang dikembangkan dari Ace 400 Cafe ini pertama kalinya tampil di muka publik, pada gelaran IIMS Motobike Expo 2019. Motor ini mengusung fitur-fitur yang sama seperti pendahulunya, namun dikatakan lebih nyaman dikendarai.

“Kami menghadirkan Ace 400 Scrambler untuk konsumen yang tidak nyaman menggunakan model Cafe. Terutama bagi konsumen yang kerap berkendara di dalam kota, posisi duduk Scrambler lebih nyaman digunakan segala medan dan orang Indonesia lebih suka boncengan,” jelas Satrio Juninato, Motorcyces Consultan Cleveland Indonesia.

3. Benelli Imperialle 400

Benelli Imperiale 400.


Benelli Motor Indonesia secara resmi merilis motor ini di ajang IIMS Motobike Expo 2019, yang tengah digelar saat ini di Senayan, Jakarta. Motor 400cc satu silinder ini disebut-sebut bakal menjadi pesaing kuat Royal Enfield Classic 350.

Kesan klasik datang berkat desain lampu yang membulat dan tangki bahan bakar yang juga membulat. "Motor ini belum, baru meluncur awal 2020 mendatang. Rencananya kami akan jual pada harga Rp79 jutaan on the road Jakarta. Semoga tidak ada perubahan harga di tahun depan," kata dia.

4. Royal Enfield Continental GT 650 Twin

Royal Enfield Continental GT 650


Royal Enfield Continental GT 650 bersama saudara kembarnya Interceptor 650 sendiri telah meluncur di Indonesia ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis 25 April 2019. Bahkan 100 kpj mendapat kesempatan untuk menjajal performa dua motor ini di Thailand sebelum dimasukkan ke Indonesia. Kini redaksi hadirkan salah satu contoh hasil custom kecenya.

Royal Enfield Continental GT 650 hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar 12,5 liter, dan Interceptor 650 memiliki kapasitas tangki 13,7 liter. Kedua motor klasik tersebut dibekali velg 18 inci dengan suspensi depan teleskopik berukuran 42 mili meter.

Suspensi belakang model tabung. Sistem pengereman, Continental dan Interceptor jadi yang pertama mengusung teknologi ABS (anti-lock brake system) dua channel. Dengan double disk, piringan cakram depan berukuran 320 mili meter dan belakang 240 mili meter.

Kedua motor klasik tersebut dibenamkan mesin dua silinder 650cc, dengan kompresi 9,5:1. Untuk tenaga maksimalnya, mencapai 47 daya dan torsi 52 newton meter. Untuk sistem pengabutannya sudah injeksi, serta dilengkapi balancer shaft di kruk as, agar mereduksi getaran di mesin.

5. Yamaha All Newx XSR 155

Yamaha XSR 155

PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. resmi memperkenalkan salah satu motor sport anyarnya, yakni All New XSR 155. Motor yang dipamerkan di JIExpo Kemayoran pada Senin 2 Desember 2019 itu memiliki spesifikasi cukup wah.

Motor bergaya retro tersebut mengusung konsep Born to be Free, All New XSR 155 adalah simbol atas ekspresi tren gaya hidup dan refleksi dari nilai kreativitas tanpa batas. Walau desainnya agak jadul tapi miliki fitur berkendara moderen, serta performa mesin yang andal dan bertenaga.

Pada sektor dapur pacu, All New XSR 155 hadir dengan mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan yang telah dilengkapi dengan teknologi VVA.

Sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm. Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

6. Husqvarna Svartpilen 701

Husqvarna Svartpilen 701


T Premium Motorindo Abadi (PMA) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) KTM dan Husqvarna di Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Svartpilen 701 di ajang IIMS Motobike, Jumat 29 November 2019. Model scrambler ini didatangkan langsung dari Austria, dan baru satu unit saja di Indonesia.

Husqvarna Svartpilen 701 mulai dikirim ke konsuman pada kuartal pertama 2020. Motor yang termasuk dalam kategori StreetBikes ini dibanderol dengan harga Rp331,3 juta berstatus off the road.

Motor ini sendiri mengadopsi mesin berkapasitas 692,7 cc yang mampu menghasilkan tenaga 75 Tk dengan torsi puncak 72 Nm pada putaran 6.750 rpm.

Sistem pengabutan injeksinya sudah mengadopsi sistem ride-by-wire yang sanggup menghantarkan tenaga buas, namun tetap terkendali oleh kontrol traksi. Husqvarna Svartpilen 701 di desain progresif, berkat penggunaan lampu LED, body ringan dan lincah.

"Kelebihan motor ini sistem pengereman full Brembo, body sangat ringan di angka 160 kg kondisi kering. Jadi power to weight ratio-nya besar. Kelebihannya ada di handling," ujar Rendy Suwendo, Motorcycle Consultant PT PMA kepada 100KPJ.
Berita Terkait
hitlog-analytic