Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Punya Roda Empat seperti Mobil, Bisakah Skutik Qooder Masuk Tol?

Skuter Matik Qooder
Sumber :

100kpj – Skuter matik asal Swiss yang diproduksi di Taiwan, Qooder, secara resmi dirilis di Indonesia. Satu hal yang membedakan motor ini dengan motor pada umumnya, ialah rodanya yang berjumlah empat.

“Qooder merupakan motor roda empat pertama yang dijual di Asia Tenggara. Motor ini telah dilengkapi suspensi canggih bernama HTS,” ujar Sales & Marketing Director GForce Republic, Budi Kurniawan di bilangan Jakarta Selatan, Jumat 13 Desember 2019.

Suspensi HTS sendiri merupakan kependekan dari Hydraulic Tilting System. Sistem ini sudah terdapat pada keempat roda Qooder. Komponen ayun tersebut memungkinkan tiap rodanya bergerak melakukan peredaman secara individual. Artinya, suspensi HTS bisa naik dan turun secara terpisah saat dikendarai.

Skuter Matik Qooder

Nah, terlepas soal bagaimana kecanggihan skuter matik tersebut, tersimpan satu pertanyaan besar di benak kalangan yang hadir dan menyaksikan prosesi peluncuran. Sebab, dengan empat roda penggerak, secara karakteristik Qooder terlihat bagaikan mobil. Lantas, apakah motor unik itu diperbolehkan masuk jalan tol?

“Itu juga sempat Kami pertanyakan. Kami belum melihat ke arah situ. Tapi yang jelas, kami tunduk dan patuh pada aturan pemerintah yang berlaku. Jadi sampai sekarang, belum bisa masuk tol,” kata Budi.

Sekadar diketahui, skutik Qooder dibekali mesin berkapasitas 399cc, satu silinder, serta empat-valve. Tenaga maksimumnya mencapai 32,5 daya kuda pada 7.000 rpm serta torsi puncak 38,5 Nm pada 5.000 rpm.

Berita Terkait
hitlog-analytic