Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dijual Terbatas Pesaing Kawasaki H2 ini Harganya Mendekati Rp 1 Miliar

Norton Superlight SS Pesaing Kawasaki H2
Sumber :

100kpj – Sepertinya Kawasaki H2 akan mendapatkan lawan yang sepadan dengan hadirnya Norton Superlight SS versi terbaru yang akan mulai dipasarkan pada tahun 2020, pasalnya motor ini ditanam teknologi supercharger. Tak hanya teknologi Supercharger, motor sport Norton frame hingga fairingnya menggunakan serat karbon, sehingga berat total Superlight SS menjadi 47 persen lebih ringan dari pendahulunya, mencapai 160 kg (versi lama pakai frame alumunium)

"Namun dimensinya akan identik dengan versi alumunium, sebab kami ingin menciptakan rasa dan feedback yang sama dan tidak membuatnya terlalu kaku," ungkap Simon Skinner, Kepada Desain Norton yang dikutip dari www.motorcyclenews.com

Superlight SS 2020 menggunakan mesin Supercharged dua silinder dengan kapasitas 650 cc berkonfigurasi 2 silinder yang menghasilkan tenaga 170 dk pada 12.500 rpm dan torsi 125 Nm. Hal tersebut membuat potensi power Norton Superlight SS ini hampir setara motor Superbike, bahkan jika dibanding pesaingnya dari Aprilia yang rilis di EICMA bulan lalu yaitu Aprilia RS660 powernya hanya mencapai 100 Hp saja.

Norton Superlight SS Pesaing Kawasaki H2

"Kami telah menggunakan gearbox dan running gear yang sama dengan V4, sehingga kami selalu tahu itu bisa mengatasi kekuatan ekstra dari supercharger. Sepeda motor ini adalah tentang menunjukkan apa yang bisa kita lakukan secara teknis. Ini adalah karya seni," kata Simon.

Suspensi depannya megandalkan Ohlins dilengkapi dengan sistem pengereman Brembo yang sudah memiliki teknologi ABS, yang bikin spesial dari motor ini adalah unitnya yang terbatas. Hanya diproduksi sebanyak 50 unit yang tersebar di dunia, oleh sebab itu harga dari motor ini cukup mahal. Pihak Norton memberi bocoran harga Superlight SS akan mencapai 49.995 poundsterling atau setara Rp 921 jutaan (kurs 1 poundsterling = Rp 18.441).

"Sementara Superlight SS adalah model edisi terbatas, namun kami tidak akan mempertimbangkan akan menempatkan mesin non-supercharged ke dalam kerangka serat karbon atau menempatkan motor supercharged ke dalam kerangka aluminium. Semuanya bisa ditukar dan kami memiliki opsi tersebut," tutup Simon.

Berita Terkait
hitlog-analytic