Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kabar Sedih dari Kawasaki: Mau Pensiunkan 'Si Buas' ZX-14R

Kawasaki ZX-14R.
Sumber :
Ist

100kpj – Kabar terbaru datang dari Kawasaki. Jenama asal Jepang ini rupanya bakal menyuntik mati salah satu produknya ZX-14R. Motor ini dikenal luas sebagai salah satu motor terbuas Kawasaki yang dapat berlari cepat sampai 299 kilometer per jam.

Menurut informasi yang dikutip Indianautos, Rabu 27 November 2019, Kawasaki akan menyetop penjualan ZX-14R setelah tahun 2020. Seperti diketahui, motor sport buas ini pertama kali rilis dan dijual pada 2006 silam.

Motor ini pula yang sengaja dihadirkan Kawasaki atas tren motor sport kencang yang diinisiasi Honda CBR1100XX Super Blackbird dan Suzuki Hayabusa. Kawasaki kemudian merancang motor ini jauh lebih kuat, hingga menjadi kuda besi paling kuat ketika diluncurkan kala itu.



Hal lain yang diperhatikan Kawasaki, tentu berkaitan dengan penjualan. Di mana tren motor saat ini mulai bergeser di kelas kapasitas rendah. Begitupun terkait isu norma emisi yang mulai berlaku di sejumlah negara.

Dalam iterasi yang sekarang, Kawasaki ZX-14R tercatat dibekali mesin 1.441 cc liquid-cooled, in-line, empat silinder. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan gearbox enam-kecepatan, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 210 PS serta torsi 158,2 Nm.



Datang ke elemen elektronik, Kawasaki ZX-14R memiliki fitur kontrol traksi tiga mode. Pada mode daya rendah saja, motor ini bisa membatasi output sebesar 25 persen. Konsol instrumen yang diusung adalah perpaduan antara analog dan digital, yang terus terang terlihat begitu ketinggalan zaman.

Begitu juga dengan bagian ekor dengan jok tunggalyang menambah tampilan kuno.
Berita Terkait
hitlog-analytic