Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Naik Vespa Ini, Pengendara Enggak Wajib Punya SIM

Vespa Sprint 50cc
Sumber :

100kpj – Sebelum mulai mengendarai sepeda motor, sang pemilik diwajibkan mengantongi Surat Izin Mengemudi atau SIM terlebih dulu. Dokumen berbentuk kartu itu merupakan bukti, bahwa seseorang dinyatakan layak berkendara.

Menariknya, baru-baru ini pabrikan asal Italia, Piaggio, resmi meluncurkan skuter matik mungil yang penggunanya tak perlu memiliki SIM untuk mengendarainya. Skutik yang dimaksud adalah Vespa Sprint Limited Speed 50.

Vespa Sprint 50cc

Melansir laman Rideapart, seperti dikutip Senin 23 September 2019, motor yang baru dipasarkan di Amerika Serikat itu hanya mengadopsi mesin 49cc yang menghasilkan tenaga maksimum 3,2 daya kuda. Kecepatan puncaknya pun dibatasi, menjadi hanya 48 kilometer per jam.

Dengan performa tersebut, pemilik kendaraan tak perlu memiliki lisensi berkendara atau SIM di 16 negara bagian Amerika Serikat (AS). Selain itu, motor mini itu juga bisa digunakan oleh semua kalangan dari berbagai lapisan usia.

Artinya, di Negeri Paman Sam, skutik boncel itu mendapat ‘hak’ istimewa, alias tidak dikategorikan sebagai motor konvensional.

Berita Terkait
hitlog-analytic