Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Jagoannya Ditiru Pabrikan Cina, Apa Tanggapan Vespa?

Vespa Sprint Notte

100kpj – Motor produksi pabrikan Italia memiliki satu ciri khusus yang mudah dikenali seluruh kalangan, yakni bermodel skuter dengan tubuh mungil yang cembung di beberapa bagian. Salah satu yang paling ikonik, adalah Vespa.

Namun sayangnya, beberapa pabrikan di luar Italia mulai membuat produk dengan tampilan menyerupai Vespa. Bahkan, tingkat kemiripannya boleh dibilang sangat tinggi, alias hampir identik.

Produsen asal Cina Taipei (Taiwan), Kymco, merupakan satu dari beberapa pihak yang meniru wujud skuter lansiran Vespa. Produk andalan mereka, Like 150i terlihat menyerupai Vespa LX 125 yang lebih dulu lahir sejak 2005 lalu, dan menjadi jagoannya. Sebagian kalangan—terutama mereka yang awam—mungkin sulit membedakan keduanya.

Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, tak merasa heran melihat fenomena tersebut. Menurut dia, sejauh apapun pabrikan lain meniru tampilan produk Vespa, hasilnya akan nihil. Sebab, merek legendaris yang telah berusia 73 tahun itu memiliki satu identitas khusus yang tak dimiliki produsen lain.

“Saya menganggap hal itu biasa. Kami memiliki satu pakem mengenai produk yang selalu kami jaga. Selain itu, saya juga ingin mengatakan bahwa Vespa adalah Vespa, tak ada satupun pihak yang mampu menyamakan kami, atau sekedar menirunya,” ucap Marco di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa 27 Agustus 2019.

Berita Terkait
hitlog-analytic