Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penasaran Uang Hasil Tilang Uji Emisi Larinya ke Mana? Ini Jawabannya

Ilustrasi tilang pengendara motor oleh Polisi
Sumber :

100kpj – Razia uji emisi kini tengah digalakan di beberapa wilayah Jakarta dan sekitar, guna menekan polusi udara yang kian memburuk. Bagi yang tak lolos uji emisi, maka akan langsung ditilang oleh pihak kepolisian.

Polisi menilang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yakni untuk pengendara sepeda motor yang terbukti tidak lolos uji emisi akan ditilang dengan denda maksimal Rp250.000.

Sedangkan untuk mobil yang tidak lolos uji emisi, akan dikenakan denda maksimal Rp500.000. Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, mengungkapkan ke mana uang hasil tilang itu.

"Denda tilang disetor ke kas negara sebagai penerimaan bukan pajak," kata Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta Sarjoko, seperti dikutip dari Antaranews, Rabu 6 September 2023.

Uji Emisi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan pemberlakuan tilang bagi kendaraan tak lolos uji emisi menjadi salah satu solusi jangka pendek untuk menekan polusi udara di Jakarta.

Sebelumnya, Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan lokasi razia dan tilang bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi berpindah-pindah setiap pekannya. Asep menegaskan bahwa razia uji emisi tersebut akan dilakukan selama tiga bulan ke depan. Adapun tilang uji emisi ini dilakukan setiap seminggu sekali.

Berita Terkait
hitlog-analytic