Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal DNA Sugomi dari Kawasaki, Penuh Intimidasi dan Mengerikan

Kawasaki ZSeries
Sumber :

100kpj – Mungkin tak banyak yang tahu jika kesuksesan Kawasaki menghadirkan motor-motor idaman karena konsep yang benar-benar matang. Selain gaya sporty 'Keluarga Ninja' yang begitu legendaris, kini pabrikan Geng Hijau juga punya Z Series yang tak kalah populer.

Berawal dari kelahiran Kawasaki Z1000 pada 2014 silam, konsep desain Sugomi sejak itu menjadi harga mati untuk desain motor-motor terbaru Kawasaki yang masuk 'Keluarga Z' atau Z Series. Lalu apa sih yang dimaksud dengan Sugomi tersebut?

Dari berbagai sumber, Sugomi ala Kawasaki ini banyak diartikan. Ada yang mengartikan sebagai semangat memangsa buruan alias rival-rivalnya. Ada juga yang mengartikan sebagai spirit untuk mengintimidasi lawan hingga diartikan sebagai sebuah pesona. Namun dari kamus Jepang sendiri, Sugomi diartikan sebagai sebuah aura yang dikeluarkan seseorang atau objek yang dapat membuat yang melihatnya terpesona.



Nah, cara berpegang teguh pada konsep desain yang terlihat simple alias sederhana ini yang menjadikan motor-motor Z series Kawasaki kini punya tempat tesendiri. DNA Sugomi ini yang menjadi pondasi dari desain menawan Kawasaki Z Series mulai dari yang punya tenaga besar seperti Z1000 hingga yang bertenaga mungil sekalipun seperti Z125.

Lalu apa yang jadi syarat mendasar dari desain konsep Sugomi Kawasaki? Dari berbagai sumber yang dihimpun, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi fokus dari konsep Sugomi ini. Diantaranya, posisi berkendara hingga desainnya sendiri. Untuk posisi berkendara, DNA Sugomi terlihat dari gaya 'angkuh' pengendaranya dengan posisi berjongkok rendah ditambah sorot mata yang tajam seakan bersiap untuk 'memangsa' para biker di depannya.

Selain cara berkendaranya tentu DNA Sugomi juga dilihat dari desainnya. DNA Sugomi ini terlihat dari desain bagian depan terutama lampu utamanya. Lalu juga terlihat dari kesan 'berotot' pada bodynya sehingga cukup untuk mengintimidasi para rivalnya. Baru setelah itu dilihat dari kenyamanan, performa hingga handling saat menunggangi.

Nah, sekarang paham kan kenapa motor-motor terbaru Kawasaki saat ini begitu 'gampang' diterima konsumen. Ingat, apapun itu harus punya konsep dan filosofi untuk menenggak kesuksesan. Contoh lah Kawasaki!!!

 

Baca juga: Lihat Aksi Biker Bercadar, Asal Jogja Bro

Berita Terkait
hitlog-analytic