Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Makin Beragam Polisi di Jateng Uji Coba Tilang Pakai Drone

Tilang Pakai Drone
Sumber :

100kpj – Pihak Kepolisian lalu lintas terus melakukan inovasi terhadap penindakan atau tilang, terhadap pengemudi kendaraan yang tidak taat aturan.

Apalagi kini polisi lalu lintas tidak boleh melakukan tilang secara manual, dan harus melakukan tindakan proses tilang elektronik.

Uniknya kini tilang elektronik tak hanya dilakukan oleh kamera yang terpasang di jalan raya, kamera yang terpasang di mobil patroli atau kamera handphone yang dipegang petugas kepolisian ketika sedang patroli, tapi kini tilang elektronik bisa berasal dari kamera yang terpasang di drone.

Seperti yang dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, yang berencana menggunakan kamera pesawat nirawak atau drone dalam sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Tilang Pakai Drone

Menurut Kombes Agus Suryo Nugroho, Dirlantas Polda Jateng mengatakan, penggunaan drone masih dalam tahap uji coba. Dalam masa uji coba pihaknya memakai lima drone.

“Jadi ada lima untuk latihan ini. Korlantas sudah memberi instruksi bahwa ETLE itu, ada statis, mobile. Di Jateng yang difasilitasi Dirgakkum ada ETLE yang terkoneksi dengan drone,” bilang Agus dikutip dari laman resmi NTMC Polri.

Berita Terkait
hitlog-analytic