Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kawasaki Berniat Bikin Motor Baru Tantang R15 dan CBR150R

Kawasaki Ninja 250SL versi 2019.
Sumber :
KMI

100kpj – Kawasaki saat ini tengah menggarap proyek serius berkaitan dengan motor barunya. Pabrikan geng hijau itu lagi fokus pada pengembangan motor Ninja 250cc empat silindernya, bernama ZX-25R.

Namun, ada banyak pihak yang percaya kalau strategi Kawasaki menggairahkan pasar motor sport tak sampai di situ. Seperti dikutip majalah otomotif kenamaan Jepang, Young Machine, Selasa 16 Juli 2019, jenama asal Jepang itu rupanya sedang mempertimbangkan menggarap pasar motor sport fairing 150cc.

Proyek itu tentu sangat seksi jika berpendekatan pada pasar Asia, di mana penjualan motor sport entry-level masih cukup menjanjikan. Proyek tersebut kabarnya kemungkinan besar baru bisa digarap setelah 2020.

Sebenarnya Kawasaki memang sudah punya produk sport entry-level semacam Ninja 125 atau Z125. Motor itu dirakit di pabrik yang berada di kawasan industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, tetapi hanya dibuat untuk pasar Eropa.

Dari survei para penggila Kawasaki, respons baik untuk Ninja 125 dan Z125 terpecah menjadi dua. Ada yang menyambut positif kehadiran keduanya, ada yang merespons sebaliknya.

Kelompok yang merespons negatif beranggapan kalau motor bermesin demikian kurang mengasyikan, alias nanggung. Apalagi motor tersebut hanya membawa model sebelumnya 250SL yang kemudian diterjemahkan dalam kapasitas mesin 125cc.

"Tetapi jika melihat Pasar Asia sekarang, versi 150cc belum dirilis. Banyak media kemudian memperhatikan gerakan Kawasaki, kalau mereka mungkin berencana mendesain ulang mobil Ninja dan Z di Kelas 150 untuk dipasarkan di Asia," tulis laporan tersebut.

Jika benar langkah itu akan ditempuh, tentu Kawasaki bakal makin menmanaskan persaingan pasar sport 150cc, yang saat ini dihuni seperti Honda CBR150R, Yamaha R15, dan GSX-R150.

Dalam soal mesin, jika benar-benar akan dibuat kelas 150, diyakini Kawasaki masih akan membawa perangkat asli seperti yang digunakan pada model 250SL dan 125 Eropa.

Mesin kemudian disesuaikan agar berada di koordinat 150cc satu silinder. Catatan penting yang perlu digarisbawahi Kawasaki tentunya adalah, penampilan desain yang mesti diperhatikan, jangan sampai mengecewakan pelanggannya. Jangan juga mengacu pada desain dari generasi tua mereka seperti Ninja 250 dan Z250.

Berita Terkait
hitlog-analytic