Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Garap Skuter Petualang X-ADV Versi Murah, Pakai Mesin PCX?

Honda X-ADV 2019.
Sumber :

100kpj – Ada kabar mengejutkan datang dari Honda. Jenama asal Jepang itu kabarnya tengah membuat skutik petualang versi murah dengan basis X-ADV. Untuk menekan harga, motor tersebut akan menggunakan mesin yang jauh lebih kecil.

Kabar berembus, Honda memikirkan bakal menanamkan mesin PCX pada X-ADV versi murah. Tetapi ada juga skema lain yang menyebut motor itu akan menggunakan mesin Forza 300. Demikian seperti dikutip GreatBiker, Senin 8 Juli 2019.

Mesin tersebut bakal datang dengan pembekalan injeksi satu silinder SOHC, yang dapat memproduksi tenaga 24,8 daya kuda, serta torsi maksimum 27,5 Newton meter.

Menariknya, meski menggunakan mesin skuter, tetapi X-ADV mesin kecil akan dibenamkan fitur canggih kontrol traksi. Fitur tersebut akan membuat motor tetap seimbang meski harus melaju di lintasan terjal dan bergelombang.

"Honda X-ADV versi 300cc itu rencananya akan diproduksi di Thailand. Nantinya, unit sepeda motor akan dikirim ke pasar global secara utuh, atau completely build up. Salah satunya Indonesia," tulis laporan tersebut.

Sebenarnya, kabar tentang X-ADV bermesin kecil itu sudah beredar sejak Honda meluncurkan motor yang sama dengan kapasitas 750cc. Bahkan, distributor Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) sempat buka suara terkait hal tersebut.

“Bisa saja kami membuat itu (motor petualang) yang ber-cc kecil. Nantinya dari yang sudah ada ini—yang ber-cc besar, akan kami lakukan studi lagi, soal bagaimana minat dan permintaan konsumen,” ungkap Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tetapi, Thomas tak mengatakan kapan tepatnya motor itu tiba di Indonesia. ia hanya mengungkapkan, PT AHM selalu terbuka terkait banyaknya kemungkinan. Soal X-ADV, kata dia, tunggu saja.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic