Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Deretan Koleksi Mobil Jenderal Ahmad Yani

Ahmad Yani
Sumber :

100kpj – Dari tujuh Jendral yang diculik, disiksa dan dikubur hidup-hidup dalam sumur sempit hingga meninggal. Satu dari tujuh jendral tersebut adalah Jenderal Ahmad Yani yang kala itu menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat ke-6 di era Presiden Soekarno.

Meninggalnya ketujuh Jendral tersebut merupakan sejarah kelam Bangsa Indonesia, yang terjadi pada tahun 1965. Banyak versi bermunculan siapa dalang Gerakan 30 September tersebut, namun ketujuh korban yang dimasukkan ke dalam sumur tua dinobatkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Peninggalan-peninggalan yang menjadi saksi sejarah terpajang rapih di Museum Pengkhianatan PKI, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Diantara banyaknya benda bersejarah yang terpajang, terdapat mobil Oldsmobile 98.

mobilnya Ahmad Yani

Baca juga: Merugikan Negara, Koleksi Mobil Bupati Bengkalis Mengejutkan

Mobil empat pintu tersebut buatan General Motors Amerika Serikat yang diproduksi sekitar tahun 1963, literasi sejarah Monumen Pancasila Sakti menginformasikan bahwa mobil itu digunakan oleh Ahmad Yani saat menjabat Panglima Angkatan Darat (Pangad). Ketika itu Yani juga merangkap sebagai Kepala Staf Komando Tertinggi (KOTI) pada Februari 1965 sampai gugurnya di usia 43 tahun.

Mobil dinas dengan nomor registrasi AD 01 itu menggunakan V-8 Cylinder cubic inch (6490), 250 horse power dan 4 barrel. Kendaraan itu juga dilengkapi dengan karburator rocket ultra compression dengan sistem otomatis pada transmisi jendela, stir dan rem serta ukuran ban 8,25 x 14 yang dibuat ceper.

Berita Terkait
hitlog-analytic