Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

PSI Tantang Anies Baswedan Naik Kendaraan Umum ke Kantor, Berani Gak?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :

100kpj – Beberapa hari lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuat publik terheran-heran. Sebab, dia mengatakan, risiko penularan Covid-19 di angkutan umum cenderung kecil dibanding lokasi lain. Hal itu, kata Anies, merujuk pada sejumlah penelitian di Asia dan Amerika.

"Kami menemukan situasi di mana risiko penularan di kendaraan umum mungkin kecil. Kalau kita lihat penelitian di Asia dan di Amerika, risiko penularan di transportasi publik itu kecil," ujar Anies kepada awak media, dikutip Kamis 27 Agustus 2020.

Baca juga: Anies Baswedan: Risiko Penularan Covid-19 di Angkutan Umum Kecil

Kendati begitu, kata dia, penularan virus di angkutan umum bisa ditekan seandainya masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Misalnya seperti menjaga jarak, sering mencuci tangan, dan yang paling terpenting, selalu mengenakan masker.

Suasana penumpang busway

Selain itu, masyarakat juga diminta tidak berinteraksi dengan penumpang lain selama berada di angkutan umum. Itulah mengapa, mereka disarankan fokus terhadap dirinya sendiri, bisa dengan membaca buku atau bermain gadget. Sehingga, tidak ada penularan droplet melalui mulut yang bercakap-cakap satu sama lain.

"Jadi perjalanan dari rumah ke kantor naik kendaraan umum pakai masker. Merasa saling tidak kenal, tidak mengobrol. Maka potensi penularan jadi rendah," tegas Anies.

Berita Terkait
hitlog-analytic