Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jurus Jitu Polisi Cegah Macet Libur Panjang Tahun Baru Islam

Lalu Lintas
Sumber :

100kpj – Petugas polisi yang tergabung kedalam Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi setelah libur panjang memperingati hari Kemerdekaan RI ke-75, diperkirakan masyarakat akhir pekan ini akan memanfaatkan libur panjang tahun baru Hijriyah 1442 untuk mudik dan mengunjungi tempat wisata. Diperkirakan akan ada peningkatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Terutama dari Jakarta dan sekitarnya menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol Istiono meminta petugas di lapangan untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas para pemudik, ini penting agar tidak menyebabkan kemacetan panjang, terutama untuk mewaspadai jalur tol dan arteri. 

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, kalau diperlukan petugas di lapangan harus menerapkan contra flow atau buka tutup jalan di area yang dipadati kendaraan pemudik. Pada Rabu, 19 Agustus malam diprediksi akan menjadi puncak arus mudik. Sedang arus baliknya akan terjadi Minggu, 23 Agustus 2020

kakorlantas

Rest Area di Jalan Tol Ditutup

Untuk pengamanan saat libur panjang ini, Korlantas Polri telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan. Salah satu hasil kesepakatan antara Polri dan Ditjen Hubdar adalah melarang truk barang untuk melintas di jalan tol yang sudah ditetapkan saat libur panjang.

Pihaknya juga meminta pengelola jalan tol untuk menyiapkan rest area bagi para pengguna jalan bebas hambatan yang dilintasi. Hal tersebut untuk mencegah adanya penumpukan masyarakat di dalam lokasi rehat bagi kendaraan dan pengemudi.         

Berita Terkait
hitlog-analytic