Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Klaim Asuransi Bisa Ditolak Karena Pasang Kaca Film, Kok Bisa?

Ilustrasi Asuransi Mobil
Sumber :

100kpjAsuransi memang menjadi solusi sebagai salah satu cara untuk meminimalkan resiko kerugian pada saat terjadi kecelakaan di jalan, pasalnya terjadi kecelakaan lalu lintas, akan timbul biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik atau pemakai kendaraan. Sebagai contoh adalah biaya perbaikan kendaraan pasca kecelakaan, besar kecilnya relatif terhadap jenis kerusakannya.

Sehingga asuransi bisa didefinisikan sebagai perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana pihak penanggung tersebut mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, agar memberikan pengganti terhadap tertanggung karena kerugian kecelakaan atau kehilangan.

Namun perlu dipahami, bagi sang pemilik yang telah melengkapi mobilnya dengan perlindungan asuransi, penambahan aksesori sekecil apapun pada mobil harus dikonsultasikan dulu dengan pihak asuransi karena tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. 

Mobil Modifikasi

Sebab, apabila mobil tersebut mengalami kerusakan akibat modifikasi yang belum dikonsultasikan dengan pihak asuransi, tidak menutup kemungkinan klaim akan ditolak. Lalu mengapa harus melapor terlebih dahulu? 

"Karena gal tersebut perlu dilakukan agar pihak asuransi mengetahui lebih awal, apakah penambahan aksesori pada mobil dapat meningkatkan profil risiko atau tidak,"emikian seperti tertulis dalam keterangan resmi Asuransi Astra, dikutip 100KPJ, Rabu 10 Juni 2020.

Walau hanya melakukan penambahan kecil seperti memasang kaca film sekalipun. Sehingga saat pemilik mobil hendak melakukan klaim asuransi, tidak ada masalah karena modifikasi yang Anda lakukan telah sesuai dengan semua data yang tercatat oleh pihak asuransi.

Berita Terkait
hitlog-analytic