Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Burung Lebih Senang Buang Kotoran di Mobil Berwarna Terang, Kok Bisa?

Mobil Dihinggapi Burung
Sumber :

100kpj – Perusahaan aksesori mobil asal Inggris, Halfords, baru-baru ini mengungkap satu fakta unik yang menyebut bahwa mobil berwarna terang lebih sering menjadi sasaran ‘tembak’ burung ketimbang mobil berkelir gelap. Penelitian itu melibatkan 1.140 unit kendaraan yang tersebar di kota Brighton, Leeds, Manchester, Bristol, dan Glasgow.

Secara detil, hasilnya sebanyak 18 persen mobil berwarna merah paling sering dijatuhi kotoran burung, kemudian 14 persen mobil berwarna biru, dan diikuti warna-warna lainnya.

Pakar pembersih mobil Halfords, David Howells menyebut, burung kerap membuang kotorannya saat sedang terbang atau hinggap di atap kendaraan. Meskipun fakta tersebut merupakan hal yang wajar, namun dirinya mengimbau kepada pemilik mobil untuk segera membersihkan atap yang terpapar kotoran burung.

Baca juga: Patut Disayangkan, Mobil Sport Secantik Ini Enggak Jadi Dijual Yamaha

Sebab jika tidak, sisa ekskresi dari tubuh burung itu bakal merusak lapisan cat kendaraan. Sayangnya, kata David, belum banyak pemilik mobil yang mengetahui tentang hal tersebut.

“Penelitian ini tentu jadi masalah serius buat pemilik mobil, cat bisa rusak dan memengaruhi nilai jual kendaraan. Jadi, untuk melindungi cat mobil, sebaiknya kotoran harus dibersihkan sesegera mungkin,” ujar David, dikutip dari laman Autoblog, Sabtu 9 Mei 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic