Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dampak Virus Corona, Cicilan Mobil Mewah Ditangguhkan 6 Bulan?

BMW Seri 7 Terbaru
Sumber :

100kpj – Merebaknya virus corona atau covid-19 membuat kondisi ekonomi melemah, terutama bagi mereka yang mencari uang harian. Seperti halnya ojek atau taksi online yang sepi orderan setelah pemerintah memberlakukan work from home.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menerapkan kelonggaran atau relaksasi kredit kendaraan bagi para pekerja yang hanya mendapatkan penghasilan per-hari. Hal itu disampaikannya saat video conderence dari Istana Merdeka baru-baru ini.

“Tukang ojek dan sopir taksi yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, dan nelayan yang sedang memiliki kredit saya sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran 1 tahun,” ujarnya.

Namun perintah orang nomor satu di Indonesia itu diabaikan oleh sejumlah perusahaan pembiyaan. Lising tetap menuntut para debiturnya dari kalangan yang dimaksud untuk tetap membayar cicilan kendaraannya seperti biasanya.

BMW X3

Maka dari itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat peraturan untuk kriteria konsumen yang bisa mendapatkan penundaan kredit. Hal itu tertuang melalui Peraturan OJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Prekonomian.

Aturan tersebut dibuat sebagai kebijakan adanya virus corona. Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, permasalahannya kenapa pembayaran tetap dilakukan normal karena pengemudi taksi dan ojek itu terdaftar konsumen pribadi. 

Berita Terkait
hitlog-analytic