Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penutupan Sejumlah Ruas Jalan Tol di Jabodetabek Dipastikan Hoaks

Jalan tol dalam kota.
Sumber :

100kpj – Di tengah merebaknya wabah corona saat ini banyak bermunculan info-info yang tak benar hingga meresahkan masyarakat. Salah satunya adalah beredar gambar di whatsapp yang berisikan sebuah informasi ruas tol ke arah DKI Jakarta ditutup.

Tak mau pesan tersebut kian menyebar secara luas dan meresahkan warganya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo menegaskan informasi itu adalah berita bohong atau hoaks.

Dia menegaskan bila pihaknya tidak memberlakukan penutupan sejumlah ruas tol yang mengarah ke Ibu Kota. "Itu hoaks," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Sabtu, 21 Maret 2020.

Parahnya lagi, kabar bohong lainnya yang beredar bahwa bakal diterapkan lockdown di kawasan Jakarta. "DKI Jakarta mulai besok lockdown, warga luar jakarta tidak dibolehkan masuk kecuali ada izin polisi," bunyi pesan tersebut.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Fahri Siregar menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Reskrim untuk mencari penyebar informasi hoaks ini.

Jasa Marga juga membantah informasi tersebut dan menegaskan jalan tol wilayah Jabodetabek milik Jasa Marga beroperasi normal. Tidak penutupan di beberapa ruas yang dikelola oleh Jasa Marga.

"Menanggapi beredarnya informasi mengenai ditutupnya sejumlah ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group di wilayah Jabotabek, kami tegaskan informasi tersebut tidak benar atau hoax," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulisnya.

Hingga keterangan resmi ini diturunkan, ruas jalan tol wilayah Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga Group, di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo (Bandara), Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol JORR Non S masih beroperasi dengan normal.

Berikut informasi hoaks yang menyebut sejumlah ruas tol ke arah Jakarta ditutup:

Data tol yg ditutup arah DKI Jakarta
- Arah Tangerang ke Jakarta
1. Tol Bitung
2. Tol Karawaci
3. Tol Tangerang
4. Tol Kunciran
5. Tol Karangtengah
6. Tol Joglo
7. Tol Cileduk
8. Tol Veteran 1-2
9. Tol Ciputat

- Arah Depok Bogot ke Jakarta
1. Tol Sawangan
2. Tol Bojong Gede
3. Tol Krukut Interchange
4. Tol Brigif Cibubur
5. Tol GT Cijago

- Arah Bandara Soetta ke Jakarta
1. Gerbang Tol Utama Sedyatmo

- Arah Bekasi ke Jakarta
1. Tol Cikarang Utama
2. Tol Cibitung
3. Tol Tambun
4. Tol Bekasi Timur
5. Tol Bekasi Barat
6. Tol Cikunir.
7. Tol Pondok Gede Timur

Berita Terkait
hitlog-analytic