Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Isuzu Rombak Mesin Diesel Berstandar Euro 4 dan Cocok untuk B30

Isuzu di GIICOMVEC 2020
Sumber :

100kpj – Menuju era ramah lingkungan, Indonesia akan meningkatkan standar emisi gas buang menjadi lebih rendah agar tidak mencemari udara. Standar emisi karbon atau gas buang kendaraan itu menjadi Euro 4 yang awalnya hanya Euro 2.

Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, regulasi untuk standar emisi Euro 4 di Indonesia khusus mesin bensin 18 bulan sejak diundangkan, yaitu tanggal 7 Oktober 2018. 

Sedangkan mesin diesel 48 bulan sejak diundangkan, atau mulai berlaku 7 April 2021 mendatang. Lebih lanjut dia menjelaskan, pemerintah menerapkan regulasi sesuai ketentuan, produsen seharusnya siap membuat mesin diesel lebih rendah emisi.

“Semua siap (Euro 4 mesin diesel), termasuk Isuzu yang dijuluki sebagai rajanya diesel menyatakan siap (Euro 4 dan B30). Kita sudah menuju Euro 4 otomatis para maker sudah memikirkan itu,” ujarnya di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat 6 Maret 2020.

Isuzu di GIICOMVEC 2020

Menanggapi hal tersebut Department Head Prototype and Test Department PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Harmoko Setyawan mengatakan, selalu siap untuk memproduksi mesin mobil peminum solar dengan standar Euro 4 di Indonesia.

“Kalau di Indonesia baru menuju Euro 4 kami sangat siap. Di negara lain sudah lebih bersih seperti Eropa standarnya Euro 5 dan Euro 6. Pasti ada penyesuaian teknologi mesin untuk memenuhi ambang batas gas buang,” tutur Harmoko.

Berita Terkait
hitlog-analytic