Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hati-hati! Mobil Ini Hangus Terbakar karena Power Bank

Ilustrasi mobil terbakar
Sumber :

100kpj – Bagi Anda yang kerap menggunakan dan menyimpan power bank hdi dalam mobil, diharapkan berhati-hati. Sebab, baru-baru ini terjadi sebuah mobil harus terbakar diduga kuat karena adanya power bank di dalam mobil.

Seperti dilansir dari Berita Harian, mobil tersebut milik seorang mahasiswa Universitas Awam Malaysia. Mobil Perodua Kancilnya itu terbakar di siang hari pada pukul 13.40 waktu Rawang, Selangor.

Mobil terbakar karena power bank


Mobil itu sendiri diparkir oleh mahasiswa tersebut di depan rumahnya. "Pemilik mobil melihat asap di mobilnya dan menyadari power bank miliknya sudah terbakar," ujar seorang petugas kebakaran.

Mahasiswa tersebut berusaha mengeluarkan power bank itu dari mobil, namun api keburu menyambar bagian mobil lainnya. Alhasil, mobil pun hangus terbakar.

Baca Juga:
Cuma Duduk di Motor, Cantiknya Yuni Shara Sukses Bikin Gagal Fokus

Viral Aksi Nyeleneh Pemotor Usai Tabrakan dengan Mobil

Bandung Larang Penggunaan Skuter Listrik

Beruntung tidak ada orang yang menjadi korban dari kebakaran mobil ini. Pemadam kebakaran yang bertugas sebanyak 7 orang akhirnya berhasil memadamkan kobaran api.

Sementara itu, di Indonesia sendiri pernah ada kejadian mobil terbakar karena power bank pada 2017 silam. Kejadian tersebut terjadi di Bekasi, dan menghanguskan mobil Honda Brio.

Mesin dan bagian roda depan paling parah terbakar. Kebakaran itu kabarnya bermula dari power bank yang meleleh saat ditinggalkan di colokan lighter mobil.

Mobil terbakar karena power bank

Penyebab Power Bank Meledak

Meledaknya power bank tak lepas dari panasnya suhu di dalam mobil. Maka itu, saat parkir di bawah sinar matahari untuk tidak menyimpan power bank di atas dasbor.

Pengecasan apapun dengan adapter lighter mobil, sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Kecuali dalam keadaan darurat, baik untuk powerbank, handphone, ataupun segala jenis alat elektornik lainnya.

Selain itu, arus listrik tidak terputus ketika daya baterai pada power bank sudah penuh. Hal ini berakibat power bank menjadi panas, baterai mengembung, menimbulkan percikan api yang bisa terbakar.

Baca Juga:
30 Tahun Tersembunyi di Kardus, Motor Yamaha RD500 Ini Masih Sempurna

Mengenal Hagglund, Mobil Amfibi Canggih Milik PMI di Lokasi Bencana

Berita Terkait
hitlog-analytic