Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemerintah Larang Bus Pakai Klakson Telolet Usai Renggut Nyawa Bocah di Merak, Denda Rp500 Ribu

Bus Antar Kota
Sumber :

100kpj –  Penggunaan klakson telolet oleh beberapa bus di Tanah Air menjadi hiburan tersendiri bagi bocah-bocah, sayangnya hal itu malah membahayakan diri hingga ada yang sampai tewas karena terlindas. Maka itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan mengimbau seluruh operator bus tidak lagi menggunakan klakson telolet demi menciptakan keselamatan di jalan.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah memberikan surat edaran kepada seluruh Dinas Perhubungan se-Indonesia agar lebih memperhatikan dan memeriksa penggunaan komponen tambahan seperti klakson telolet pada setiap angkutan umum saat melakukan pengujian berkala," kata Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan dalam keterangan resminya, dikutip 100KPJ pada Rabu 20 Maret 2024.

Sebelumnya viral bocah meminta klakson telolet dibunyikan ke sebuah bus yang melaju dari arah Cilegon menuju Merak. Sayangnya, bocah (R) berlari di samping bus tersebut dan memasuki area blindspot hingga akhirnya tertabrak dan terlindas.

Bocah tewas terlintas oleh bus yang diminta bunyikan telolet

Pada saat bus dengan nomor polisi BG 7144 W berbelok masuk ke dermaga, bagian samping kiri bus mengenai kaki bocah itu. Kemudian, bocah itu pun terlindas hingga tewas, korban pun langsung dibawa ke RS Krakatau Medika Cilegon.

Danto menyampaikan turut berbela sungkawa dan prihatin atas kejadian kecelakaan yang melibatkan korban anak kecil dan bus Sinar Dempo dengan klakson "telolet" yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Ia menuturkan dengan adanya rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), penggunaan klakson telolet dapat menyebabkan kehabisan pasokan udara atau angin sehingga berdampak pada fungsi rem kendaraan yang kurang optimal.

Berita Terkait
hitlog-analytic