Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Keren, Tol Trans Jawa Kini Bisa Nyanyi: Bikin Sopir Tak Ngantuk

Singing Road di Tol Trans Jawa

100kpj – Kecelakaan yang kerap terjadi di jalan tol disebabkan dari kelalaian pengendara. Mulai dari kehilangan fokus, sampai kecepatan kendaraan yang melebihi batas maksimal. Untuk menekan angka kecelakaan, pemerintah terus berinovasi.

Salah satunya mengikuti teknologi yang sudah diterapkan di negara luar, seperti membuat rumble trip di jalur bebas hambatan. Fungsi dari rumble strip tersebut untuk menyadarkan pengendara dengan suara seperti halnya orang bernyanyi.   

Ilustrasi Singing Road di luar negeri

Suara tersebut muncul ketika kendaraan menginjak garis rumble strip tersebut. Nah pengelola jalan tol melalui PT Jasa Marga sudah menerapkan teknologi singing road di jalur cepat tol Trans Jawa, Kilometer 644 arah Surabaya-Solo, Jawa Timur.

Seperti apa cara kerjanya?

Apit Saputra adalah salah satu orang yang sudah merasakan inovasi tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya @apitsaputra85, pria yang berprofesi sebagai supir bus itu merekam momen saat kendaraan yang ditunggangi melintasi rumble strip. 

“Singing road pertama di Indonesia, garis beranda yang menimbulkan alunan musik di KM 644 Tol Trans Jawa arah Surabaya-Solo. Apa kegunaanya, yuk komen di bawah,” tulis statusnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic