Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Libur Tahun Baru, Hari Ini Contraflow Berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow
Sumber :

100kpj – Untuk mencegah terjadinya penumpukkan kendaraan, Jasa Marga bersama pihak kepolisian mulai memberlakukan contraflow, atau lawan arah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hari ini, Sabtu 30 Desember 2023.

Contraflow berlangsung di dua jalur dari KM 47 sampai KM 65 arah Cikampek sejak pukul 06.45 WIB, oagi tadi. Rekayasa lalu lintas itu diberlakukan berdasarkan pantauan volume lalu lintas yang terjadi per hari ini.

“Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Cimapke pada ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat,” ujar Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda, dikutip dari keterangannya, Sabtu 30 Desember 2023.

Menurut prediksi PT Jasa Marga (Persero) puncak arus balik libur tahun baru akan terjadi pada Senin 1 Januari 2024, di mana ada ratusan ribu kendaraan kembali ke Jabodetabek, mayoritas berasal dari Tol Trans Jawa.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan, jumlah kendaraan yang berasal dari arah Timur merupakan 58 persen dari jumlah kendaraan yang balik ke Jaodetabek.

“Dirediksi mencapai 240 ribu kendaraan (arus balik), naik 19 persen terhadap Nataru 2022/2023, dan naik 75 persen terhadap lalin (lalu lintas) normal,” ujar Lisye dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 30 Desember 2023.

Ratusan ribu kendaraan yang masuk ke Jabodetabek itu berasal dari empat Gerbang Tol (GT), yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Berita Terkait
hitlog-analytic