Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

SPKLU di Rest Area Diperbanyak Untuk Pemudik yang Pakai Mobil Listrik

Pengisian mobil listrik Neta V

100kpj - Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mengingat pengguna mobil listrik semakin banyak, maka Jasa Marga memperbanyak SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di rest area.

Populasi mobil listrik yang semakin banyak di RI, tidak menutup kemungkinan kendaraan yang biasa digunakan untuk perkotaan itu akan dipakai untuk pulang ke kampung halaman, atau sekadar liburan saat lebaran.

Berbeda dengan mobil bermesin bahan bakar yang bisa dengan mudah menemukan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di tengah perjalanan, sehingga untuk memperlancar perjalanan pemudik yang pakai mobil listrik jumlah SPKLU perlu diperluas.

Melihat kebutuhan tersebut, PT Jasa Marga (Persero) sebagai pengelola jalan Tol ikut andil dalam menyediakan charging station khususnya di Rest Area, karena menjadi salah tugasnya memperbaiki sarana di sepanjang jalan bebas hambatan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, untuk musim mudik Lebaran tahun ini persiapan yang dilakukan salah satunya menambahkan 8 SPKLU di rest area.

"Jasa Marga juga mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediakan SPKLU di 25 titik rest area, bertambah dari sebelumnya yang berjumlah 17 titik,” ujarnya, dikutip Antaranews, Jumat 21 Maret 2024.

Penambahan titik tempat pengisian baterai mobil listrik tersebut tersebar di beberapa lokasi tempat beristirahat dengan jumlah berbeda-beda. Yaitu satu di Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Semarang-Solo, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

Berita Terkait
hitlog-analytic