Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ingat, Klaim Asuransi Mobil Kebanjiran Bisa Ditolak Gara-gara Hal Ini

Mobil terendam banjir
Sumber :

100kpj – Hujan deras yang menyiram Jakarta kala pergantian tahun membuat beberapa titik di ibu kota tergenang banjir. Parahnya, ketinggian genangan itu terbilang mengkhawatirkan, bahkan ada yang sampai menenggelamkan kendaraan.

Tentunya akan ada rasa aman, jika kendaraan pribadi didaftarkan asuransi. Tapi tidak semua mobil atau motor berasuransi yang terdampak banjir bisa diklaim asuransinya. Jika ingin melakukan hal itu, salah satunya harus ada perluasan perlindungan banjir yang telah mendapat persetujuan di awal.

Baca juga: Mobil Anda Terendam Banjir Segera Lakukan Hal-hal Ini

“Jadi kalau mau klaim asuransi akibat banjir, pastikan dulu kendaraannya memang ada perluasan jaminan untuk banjir dan bencana alam lain, seperti topan, badai, atau tsunami,” ujar Senior VP Communication dan Service Management Garda Oto, Laurentius Iwan saat dihubungi 100KPJ, Senin 2 Januari 2020.

"Kalau enggak ada coverage atau perluasan banjir, maka terpaksa klaim enggak bisa diterima," kata dia menambahkan.

Mobil terendam banjir

Selain itu, meski sudah diberi perlindungan asuransi banjir, ada faktor lain yang membuat klaim ditolak. Misalnya, kendaraan yang memang sengaja dikendarai saat banjir, atau memaksakan diri menerabas genangan, meski sejatinya sudah tahu bahwa hal itu bisa membahayakan kendaraan. Maka, kata Iwan, klaim asuransi bisa saja ditolak.

Berita Terkait
hitlog-analytic