Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kisah Mantan Tukang Sayur Menjelma Jadi Juragan Truk, Hartanya Rp14 T

Masaru Wasami.
Sumber :
Ist

100kpj – Kisah inspiratif datang dari mantan tukang sayur asal Jepang. Namanya adalah Masaru Wasami. Masaru dahulu adalah pria miskin yang banyak menghabiskan waktunya menjual sayur.

Namun seiring berjalannya waktu, kini dia adalah orang yang disegani, konglomerat Jepang dengan harta melimpah ruah.

Seperti dikutip Bloomberg, Selasa 15 Oktober 2019, Masaru sukses berkat bisnis truk yang dia kelola. Bahkan menurut catatan, hartanya kini menyentuh angka Rp14 triliun.

Cerita keberhasilan Masaru dipupuk sejak usia 12 tahun. Di saat banyak teman sepermainan memilih habiskan waktu dengan bermain, dia memilih bekerja paruh waktu usai pulang sekolah.

Masaru akhirnya sampai pada titik usia ke 15, dia kemudian nekat terjun ke dunia bisnis truk dan meninggalkan sekolahnya.

Ide bisnis Masaru ini bermula dari menemani temannya yang ingin mengambil paket dari sebuah pabrik benang. Namun, ia tidak mampu menangani distribusinya. Pada tahun 1970, Masaru memiliki 100 truk untuk melayani pengiriman produk logistik untuk rantai toko obat di seluruh Jepang.

Lambat laun, bisnisnya pun semakin maju. Ia menjalin kerja sama dengan Amazon dan Rakuten Inc yang berbasis di Tokyo. Setelah Amazon memutuskan kontrak kerja sama dengan Yamato Holdings Co, Masaru mulai mengambil peluang untuk menawarkan bisnis kurir miliknya.

"Kami telah menyarankan Amazon untuk melakukan layanan pengiriman pada hari yang sama dengan kami selama bertahun-tahun," jelas Masaru.

Peningkatan pengiriman tersebut menjadi keuntungan bagi perusahaan Masaru. Kini ia berhasil menjadi konglomerat yang disegani di Jepang.

Berita Terkait
hitlog-analytic