Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menperin: Industri Otomotif Beri Kontribusi Besar untuk PDB

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.
Sumber :

100kpj Industri otomotif masih menjadi kontribusi terbesar pada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Klaim tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Industri otomotif merupakan sektor andalan yang memiliki kontribusi besar terhadap ekonomi nasional," kata Menperin Agus dalam pembukaan virtual Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis 18 Februari 2021.

Agus menjelaskan rata-rata pertahunnya, sebesar 20 persen dan menyerap sebanyak 17,5 juta orang tenaga kerja. Sedangkan untuk ekspor, menyumbang 80,3 persen terhadap total ekspor nasional sebesar 163,3 miliar dolar AS untuk periode 2020.

Menperin Agus Gumiwang di depan PCX listrik.

Di mana, realisasi investasi sektor industri sebanyak Rp272,9 triliun. Untuk saat ini, Menperin menjelaskan ada 22 perusahaan indsutri roda empat atau lebih dengan nilai investasi Rp100 triliun.

Dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun, dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38,39 ribu orang. Sedangkan roda dua dan tiga ada 26 perusahaan dengan nilai investasi Rp10,05 triliun, kapasitas produksi sebesar 9,53 juta unit per tahun, dan menyerap tenaga kerja hampir 32 ribu orang.

"Terdapat lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri otomotif. Produksi kendaraan bermotor dalam negeri juga menembus pasar ekspor ke 83 negara," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic